seputar kerajinan tangan

Pengertian, Fungsi dan Faktor Ciri Khas Kerajinan Tangan

Membicarakan kerajinan tangan Indonesia memang tidak akan ada habisnya. Namun, apakah Anda tahu yang dimaksud dengan kerajinan tangan itu? Jika belum tahu, mari kita simak penjelasan di dalam artikel kali ini yang akan membahas tentang pengertian, fungsi, dan faktor yang mempengaruhi ci khas kerajinan tangan di suatu daerah.

Pengertian Kerajinan Tangan

Kerajinan tangan adalah suatu pekerjaan yang dilakukan untuk menciptakan suatu produk atau karya dengan menggunakan tangan, dan memiliki fungsi pakai maupun keindahan yang memiliki nilai jual.

Kerajinan tangan akan memiliki harga yang mahal jika mempunyai nilai estetika, kualitas tinggi, serta pembuatannya yang sulit. Jika Anda memiliki bakat keterampilan dalam menciptakan kerajinan tangan, mungkin dengan bakat tersebut Anda dapat menciptakan peluang usaha yang menjanjikan.

Bahkan jika Anda hanya memiliki modal yang pas-pasan, Anda dapat menggunakan barang-barang bekas seperti botol, koran, kain, bambu, kardus yang sudah tidak terpakai untuk dijadikan bahan dasar untuk membuat bermacam-macam kerajinan tangan.

Untuk melihat contoh kerajinan tangan, Anda bisa melihat di artikel 6 kerajinan tangan asli Indonesia.

Fungsi Kerajinan Tangan

Kerajinan tangan memiliki dua fungsi, yaitu fungsi pakai dan fungsi keindahan.

Fungsi Pakai adalah suatu kerajinan yang mengutamakan kegunaan dari karya tersebut sehingga keindahan hanya sebagai penarik saja. contohnya seperti gelas, piring, dan kendi.

Sedangkan Fungsi Keindahan adalah suatu kerajinan yang sangat mengutamakan keindahan tanpa memperhatikan kegunaan dari karya tersebut dan hanya dapat dinikmati dengan mata. Contohnya seperti miniatur, patung, dan lukisan.

Jenis Kerajinan Tangan Dilihat dari Segi Bahan

Jika dilihat dari segi bahan yang digunakan, kerajinan tangan terbagi menjadi 3 jenis yaitu kerajinan bahan keras, kerajinan bahan lunak, dan kerajinan tangan semi keras.

  • Kerajinan Bahan Keras
    Kerajinan ini merupakan kerajinan tangan yang cara pembuatannya harus mengunakan alat atau tidak bisa menggunakan tangan saja karena bahan yang digunakan keras. Seperti patung yang terbuat dari batu maupun kayu yang harus menggunakan pahat atau alat ukir untuk membuatnnya.
  • Kerajinan Bahan Lunak
    Kerajinan ini merupakan kerajinan tangan yang pembuatannya cukup mudah dan dapat dengan menggunakan tangan serta pembentukannya yang sangat fleksibel. Seperti gelas dan piring yang terbuat dari tanah liat.
  • Kerajinan Bahan Semi Keras
    Kerajinan ini merupakan kerajinan tangan yang dapat dibuat dengan tangan kosong atau dapat juga dengan sedikit bantuan alat untuk membentuknya menjadi sebuah karya. Seperti bunga dari kertas dan tas dari kain flanel yang dapat kita buat tanpa atau dengan bantuan alat.

Faktor yang Mempengaruhi Ciri Khas Kerajinan di Suatu Daerah

Tidak semua ciri dan corak kerajinan tangan di setiap daerah itu sama, akan tetapi disetiap daerah pasti memiliki ciri khas. Ciri khas tersebut dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti budaya, letak geografis, dan sumber daya alam.

  • Budaya
    Faktor ini dapat dikatakan sebagai faktor utama yang mempengaruhi ciri khas kerajinan suatu daerah. Dan biasanya ciri khas kerajinan di suatu daerah menggambarkan simbol di daerah tersebut.
  • Letak Geografis
    Faktor ini juga mempengaruhi ciri khas kerajinan tangan suatu daerah, misal jika suatu daerah itu terletak di daerah pantai, pasti ciri khas kerajinan di daerah tersebut akan menggambarkan kondisi daerah tersebut seperti keindahan pantai dan hasil laut.
  • Sumber Daya Alam
    Sumber daya alam yang dihasilkan daerah tersebut juga sangat berpengaruh terhadap ciri khas kerajinan tangan di suatu daerah. Misal jika di daerah tersebut merupakan daerah penghasil bambu, pasti daerah tersebut lebih unggul dalam kerajinan dari bambu.

Itulah penjelasan mengenai pengertian kerajinan tangan, jenis bahan yang digunakan, serta faktor yang mempengaruhi ciri khas kerajinan suatu daerah.

Semoga bermanfaat.

Leave a Comment