membuat skck

Cara Membuat SKCK Terbaru 2020

Posted on

Pasti kamu udah gak asing kan dengan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) dan mungkin udah pernah bikin juga. Fungsi SKCK biasanya untuk melengkapi dokumen, baik itu buat ngelamar kerja, daftar CPNS, kuliah keluar negeri atau lainnya.

Pada kesempatan kali ini kita akan coba bahas cara membuat SKCK untuk keperluan ngelamar kerja.

SKCK ini kita buat di Kabupaten Kebumen. Untuk daerah lain mungkin bisa sama atau berbeda. Jadi jangan dijadiin patokan mutlak ya. Jadiin aja informasi awal biar kamu gak blank-blank amat, hehe.

Cara Membuat SKCK di Kabupaten Kebumen

Sebelum mulai membuat SKCK, kamu persiapkan dulu beberapa dokumen. Dokumen yang diperlukan adalah:

  • Fotocopy KTP (2 rangkap)
  • Fotocopy KK (2 rangkap)
  • Fotocopy Akta Kelahiran (2 rangkap)
  • Pas foto 4×6 (6 lembar) (background merah)
  • Pas foto 2×3 (1 lembar) (background merah)

Ada baiknya kamu lebihin bikin berkasnya. Fotocopynya jadi 3 atau 4 rangkap dan fotonya 10 lembar untuk yang 4×6, kalau yang 2×3 sepertinya memang perlu 1 lembar aja.

Kalau sudah lengkap, yuk berangkat..

Surat Pengantar RT, RW, Kelurahan

Tempat pertama yang harus kamu datangi adalah pak RT.

Sama pak RT nanti akan dibuatkan surat pengantar untuk ke kelurahan dan kamu akan disuruh ngisi 2 lembar formulir.

Isi 2 lembar formulir ini sesuai dengan data-data kamu dan nantinya kamu harus lengkapi tanda tangan yang ada di formulir tersebut. Di salah satu formulir harus ada tanda tangan ayah dan ibu juga. Jadi intinya lengkapi aja semua tanda tangannya.

Jika sudah selesai ngisi formulir, sudah dapat tanda tangan pak RT dan stempel, kamu lanjut ke pak RW untuk minta tanda tangan beliau.

Pak RT sudah, pak RW sudah, sekarang kamu lanjut ke kelurahan.

Di kelurahan kamu akan dibuatkan surat pengantar untuk ke polsek dan kamu akan diminta foto 4×6 (1 lembar).

Surat pengantar kelurahan sudah jadi dan sudah dapat tanda tangan dan stempel juga, kamu lanjut ke kecamatan buat minta tanda tangan dan stempel. Di kecamatan kamu akan diminta foto 4×6 (1 lembar).

Jika sudah selesai semuanya, kamu lanjut ke polsek.

Surat Pengantar Polsek

Di polsek nanti kamu akan dibuatkan surat pengantar untuk ke polres.

Pastikan kamu bawa berkas lengkap ketika datang ke polsek, biar langsung dilayani, kalau belum lengkap baiknya jangan datang dulu, daripada di omelin, wkwk.

Di polsek kamu akan diminta 1 rangkap berkas (fotocopy KTP, fotocopy KK, fotocopy akta kelahiran) dan foto 4×6 (1 lembar) buat arsip polsek. Disini juga kamu akan dikasih formulir pembuatan SKCK, tinggal diisi aja sesuai data diri.

Kalau formulir pembuatan SKCK gak dikasih di polsek, nanti kamu ngisi formulirnya di polres aja.

Nanti kamu akan ditanya berkas buat ke polres sudah lengkap atau belum, kalau sudah lengkap tunjukin aja.

Kalau sudah selesai surat pengantar dari polsek dan sudah lengkap tanda tangan dan stempelnya, tinggal kurang 1 tanda tangan lagi yaitu ke koramil.

Kamu langsung ke koramil aja buat minta tanda tangan dan stempel. Disana kamu akan dimintai foto 4×6 1 lembar dan dimintai administrasi seikhlasnya.

Sekarang cek lagi semua surat pengantar dan tanda tangannya, jika sudah lengkap langsung berangkat ke polres.

Membuat SKCK di Polres

Pas nyampe di polres langsung aja kebagian pembuatan SKCK. Kalau kamu sudah punya data sidik jari, kamu akan langsung dilayani, jika belum punya data sidik jari, maka kamu harus bikin dulu data sidik jarinya.

Kalau kamu belum bikin data sidik jari, langsung aja pergi ke bagian sidik jari.

Disana akan diminta berkas lengkap yang tadi kamu bikin, semua surat pengantar, berkas fotocopy KTP, KK, Akta Kelahiran (2 rangkap), dan foto 4×6 (2 lembar), 2×3 (1 lembar).

Setelah itu kamu akan dikasih formulir, dan isi aja sesuai data diri.

Setelah ngisi formulir sidik jadi, kamu akan di panggil buat rekam sidik jarinya.

Ngisi formulir sudah, rekam sidik jari sudah, tinggal bayar administrasi Rp. 10.000.

Kalau sudah selesai sidik jari, langsung kebagian pembuatan SKCK.

Kamu tinggal kasih aja semua berkasnya, foto 4×6 (2 lembar), bayar administrasi Rp. 30.000 dan tunggu dipanggil.

Kurang dari 15 menit sudah jadi deh SKCKnya.

Itulah cara membuat SKCK di Kabupaten Kebumen tahun 2020.

Cukup mudah kan, cuma capek bolak-balik minta tanda tangan aja, wkwk.

Semoga bermanfaat.