perpanjang sim di kebumen

Mudah! Cara Perpanjang SIM di Kebumen

Setelah sebelumnya kita mencoba perpanjang sim di Jogja, kali ini kita akan coba menjelaskan bagaimana cara perpanjang sim di Kebumen.

Dalam studi kasus ini, yang diperpanjang adalah SIM C. Dari segi persyaratan tidak jauh berbeda dengan perpanjang SIM di Jogja, hanya ada sedikit perbedaan.

Tidak perlu menggunakan calo, cukup luangkan waktu Anda dan rasakan mudahnya perpanjang SIM di Kebumen.

Perpanjang SIM di Kebumen

Sebelum Anda pergi ke tempat perpanjang SIM dalam hal ini adalah Satlantas Polres Kebumen, ada beberapa persyaratan yang harus Anda lengkapi. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Fotocopy KTP dan SIM
    Sebelum berangkat, ada baiknya Anda persiapkan dulu fotocopy KTP dan SIM sebanyak 2 rangkap dari rumah. Meskipun disekitar Satlantas juga banyak tempat fotocopy, tapi apa salahnya Anda persiapkan dari rumah.
  1. Cek Kesehatan
    Tempat pertama yang harus Anda datangi adalah Asrama Polisi Kebumen untuk melakukan cek kesehatan. Asrama Polisi Kebumen beralamat di Jl. HM Sarbini, Kranggan, Bumirejo, Kec. Kebumen, Kabupaten Kebumen.

    Untuk proses cek kesehatan Anda tinggal datang ke Asrama Polisi Kebumen, ambil antrian, tunggu dipanggil dan diproses.

    Proses cek kesehatan membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit, tergantung banyaknya antrean dan administrasi yang harus Anda bayar adalah Rp. 40.000.
  1. Tes Psikologi
    Setelah selesai cek kesehatan, Anda selanjutnya harus tes psikologi. Untuk perpanjangan SIM A/C persyaratannya cukup 1 lembar fotocopy SIM lama Anda.

    Biaya yang harus Anda bayar adalah Rp. 50.000 untuk SIM A ataupun SIM C. Namun jika Anda langsung membuat keduanya, biayanya menjadi Rp. 75.000.

    Jika Anda lulus tes psikologi, Anda akan mendapatkan surat kelulusan untuk melengkapi dokumen perpanjangan SIM. Namun jika Anda gagal, Anda bisa mengulang 3 hari kemudian dan tidak perlu membayar lagi.

    Perlu diketahui, surat pendaftaran tes psikologi hanya berlaku selama 1 bulan. Jadi, jika Anda tidak lulus tes selama 1 bulan, Anda harus membayar lagi biaya tes psikologinya.

    Tapi jika langsung lulus, Alhamdulillah Anda cuma bayar sekali saja.
  1. Satlantas Polres Kebumen
    Setelah cek kesehatan dan tes psikologi, kemudian Anda datang ke Satlantas Polres Kebumen. Langsung ke pos jaga didepan untuk minta nomor antrian dan form perpanjangan SIM.

    Isi form perpanjangan SIM, kemudian gabungkan semua dokumen jadi satu (surat cek kesehatan, surat tes psikologi, fotocopy ktp, SIM asli, dan form perpanjangan SIM).
  1. Masuk ke Loket
    Setelah semua persyaratan lengkap, Anda tinggal masukan dokumen ke loket 1 yaitu bagian pendaftaran. Setelah itu Anda tinggal ikuti saja arahan. Anda akan dipanggil untuk membayar, foto, dan ambil SIM.

    Biaya perpanjangan SIM C adalah Rp. 75.000 dan untuk SIM A adalah Rp. 80.000.

    Proses dari pendaftaran sampai SIM jadi sekitar 30 menit. Bisa lebih cepat atau lebih lama tergantung antrean juga.

    Jika berminat, Anda juga bisa langsung laminating SIM baru Anda dengan biaya Rp. 10.000.

Kesimpulan

Persyaratan untuk perpanjang SIM C adalah:

  1. Fotocopy KTP 1 lembar (buat 2 rangkap untuk keperluan lainnya)
  2. Surat tes kesehatan
  3. Surat tes psikologi
  4. SIM asli (buat fotocopy 2 rangkap untuk keperluan lainnya)
  5. Form perpanjangan SIM

Biaya yang harus dikeluarkan:

  1. Tes kesehatan Rp. 40.000
  2. Tes psikologi Rp. 50.000
  3. Perpanjangan SIM Rp. 75.000
  4. Laminating Rp. 10.000
  5. Parkir Rp. 6.000 (3 tempat: tes kesehatan, tes psikologi, satlantas)
    Jadi biaya yang harus Anda keluarkan adalah Rp. 181.000.

Itulah cara perpanjang SIM di Kebumen. Cukup mudah, jadi lakukan sendiri saja ya, jangan minta bantuan calo. Karena calo disana banyak sekali, jadi Anda harus tetap hati-hati.

Semoga bermanfaat.

Leave a Comment