review ubuntu 18.04.4

[REVIEW] Instal Linux Ubuntu 18.04.4 LTS

Setelah sekian lama menggunakan elementary os, mulai dari loki, juno sampai dengan hera, akhirnya secara terpaksa harus diinstal ulang karena error di halaman login (lock screen loop) yang tak kunjung sembuh meski sudah diobati dengan berbagai cara hasil googling.

Setelah berpikir untuk menentukan mau diinstal os apa, akhirnya pilihan jatuh pada ubuntu 18.04.4 LTS. Jadi beginilah sedikit review tentang ubuntu 18.04.4 LTS yang diinstal pada laptop Dell Latitude E5430.

Review Ubuntu 18.04.4 LTS

Disini kita tidak akan menjelaskan bagaimana cara instal ubuntu secara lengkap, kita hanya akan menjelaskan garis besarnya saja. Disini kita lebih ke review ubuntu 18.04.4 LTS yang diinstal di laptop Dell Latitude E5430.

Instal Ubuntu 18.04.4 LTS

Sebelum proses instal, seperti biasa kita coba membuat usb bootable terlebih dahulu. Bahannya adalah file iso ubuntu 18.04.4 LTS, balenaEtcher software untuk membuat usb bootable, dan flashdisk sandisk 8gb.

Setelah usb bootable jadi, langsung lakukan proses instalasi. Caranya sama kok, tinggal masuk boot option di bios, dan pilih boot dari flashdisk.

Setelah muncul tampilan ubuntu, ya tinggal di next-next aja. Pas sampai dipilihan partisi hardisk, saya pilih yang hapus seluruh hardisk tanpa partisi terlebih dahulu. Karena setelah beberapa kali mencoba partisi hardisk, gagal terus, ada sebagian partisi yang tidak terbaca setelah proses instalasi selesai.

Jadi sekarang laptop yang saya gunakan partisinya cuma satu, hanya untuk instal sistem saja.

Ubuntu 18.04.4 LTS di Laptop Dell Latitude E5430

review ubuntu 18.04.4

Setelah proses instalasi selesai, permasalahan pertama yang biasanya muncul adalah kecerahan layar yang tidak bisa diatur dan wifi adapter yang tidak terbaca. Tapi di laptop Dell Latitude E5430 ini, kecerahan layar bisa diatur (normal) dan hanya wifi adapter yang tidak terbaca.

Jadi pekerjaan pertama setelah instalasi selesai adalah memperbaiki wifi adapter yang tidak terbaca dengan kata lain harus instal wifi driver.

Saya coba googling dengan kata kunci “no wifi adapter found” dan alhamdulillah langsung bisa teratasi dengan mencoba beberapa cara yang ada di google.

Tapi jangan lupa, karena wifi belum bisa, jadi laptopnya konek ke internet dengan menggunakan usb tethering.

Setelah masalah wifi teratasi, ada satu masalah lagi yang agak cukup mengganggu tapi sebenarnya tidak terlalu masalah, yaitu ketika laptop di sleep, laptopnya tidak langsung sleep, dia malah nyala lagi. Jadi harus diklik sleep sekali lagi, baru laptopnya sleep. Itu pun prosesnya agak lama.

Sepertinya baru dua permasalahan itu yang terasa, untuk selebihnya ok ok saja.

Mungkin sekian sedikit review ubuntu 18.04.4 LTS yang diinstal di laptop Dell Latitude E5430. Semoga pengalaman yang sedikit ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Baca Juga : Cara Mengganti Repository Elementary OS

1 thought on “[REVIEW] Instal Linux Ubuntu 18.04.4 LTS”

Leave a Comment