smart sim

Perpanjang Smart SIM di Jogja

Posted on

Kamu warga jogja? sedang kuliah di jogja? atau mungkin merantau ke jogja? dan ingin perpanjang masa berlaku SIM?

Saya akan coba berbagi pengalaman cara perpanjang SIM di SIM Corner Ramai Mall Jogja.

Yang perlu kamu ketahui, SIM Corner Ramai Mall Jogja cuma menerima perpanjangan SIM A dan SIM C aja. Kalau untuk buat baru tidak bisa disana.

Kabar baiknya, tidak hanya ktp jogja aja yang bisa perpanjang sim disana, ktp luar jogja pun tetap dilayani untuk perpanjangan masa berlaku sim.

Cara Perpanjang Smart SIM di SIM Corner Ramai Mall Jogja

Sebelum anda berangkat ke Ramai Mall untuk perpanjang sim, ada beberapa hal yang harus anda persiapkan. Berikut diantaranya:

Sarapan Dulu

Kenapa harus sarapan dulu?

Karena proses nunggunya lama, dari awal hingga selesai butuh sekitar waktu 3 jam.

Kamu gak mau kan kelaparan disana, hehe

Fotocopy KTP dan SIM

Ada baiknya persiapkan fotocopy KTP dan SIM dari rumah, biar gak ngantri fotocopy dulu disana.

Fotocopy KTP dan SIM sebanyak 2 rangkap.

Jangan lupa bawa KTP dan SIM yang aslinya juga ya.

Berangkat ke Ramai Mall

Ramai mall itu buka jam 9.30, tapi para petugas sim udah ada disana dari jam 8.00.

Jadi baiknya berangkat sebelum jam 8.00 dari rumah.

Setelah nyampe ramai mall, langsung masuk aja lewat parkiran belakang, soalnya mallnya kan belum buka, hehe. Langsung ke lantai 3 dan temui petugas penjaga buat minta nomor antri awal.

Ambil Formulir

Kalau udah dapet nomor antri awal udah tenang tuh, tinggal masuk dan nunggu dipanggil aja.

Pertama dipanggil buat ambil formulir. Serahin KTP dan SIM, fotocopy dan aslinya ke petugas formulir.

Setelah ambil formulir, bakal dikasih nomor urut lagi buat dipanggil ke tahap berikutnya. Nomornya ditulis di formulir. Dan nomor urut yang dikasih petugas penjaga di awal udah gak kepake lagi.

Kalau udah dapet formulir, langsung isi yang lengkap ya.

Gampang kok ngisinya, gak susah kaya UN, hehe

Tes Kesehatan dan Bayar Perpanjangan SIM

Setelah ngisi formulir, tinggal nunggu dipanggil untuk tes kesehatan dan bayar perpanjangan sim.

Yang sudah bawa surat sehat dari luar, gak bisa dipake disana. Jadi harus tes kesehatan disana.

Biaya tes kesehatan Rp. 35.000

Biaya perpanjangan SIM A Rp. 80.000

Biaya perpanjangan SIM C Rp. 75.000

Foto dan Ambil Smart SIM

Setelah selesai tes kesehatan dan bayar perpanjangan sim, tinggal nunggu dipanggil buat foto dan cetak sim.

Pas ambil sim yang udah jadi, bakal diminta Rp. 5000 untuk laminating sim.

Dan tahukah kamu? sim baru kamu sekarang adalah smart sim.

Selamat…

Kesimpulan

Proses dari awal hingga akhir butuh waktu sekitar 3 jam. Cukup lama karena alat untuk foto dan cetak smart sim cuma ada 1 unit. Makanya antrinya lama.

Dalam sehari cuma melayani 90-100 orang aja.

Total biaya yang kamu keluarkan adalah

Untuk SIM A (80.000 + 35.000 + 5000 = 120.000)
Untuk SIM C (75.000 + 35.000 + 5000 = 115.000)

Udah gitu aja sih.

Semoga bermanfaat.